Friday, April 1, 2011

1 April 2011, April Mop, Kebohongan ataukah Tradisi ?




“ And the award for the best lie goes to you, for making me believe that you could be faithfull to me lets hear your speech,…. “
.: Rihanna – Take A Bow :.

            1 April 2011, April mop atau biasa juga disebut dengan hari april fool adalah sebuah hari yang bertepatan pada tanggal 1 April setiap tahunnya. Memang april mop biasanya hanya dirayakan di negara-negara bagian barat saja, seperti negara-negara Eropa dan negara-negara Amerika ( meski sekarang-sekarang ini sudah semakin meluas ke negara lain ). Hari april mop biasanya dirayakan orang dengan berbagai cara seperti dengan melakukan berbagai lelucon atau omongan-omongan yang biasanya merupakan suatu kebohongan belaka saja.

            Pada hari ini, setiap orang yang berbohong ( tentu saja dalam konsep atau artian hanya bercanda ) akan dianggap tidak bersalah dan orang yang dibohonginya itu tidak boleh marah apalagi sampai mendendam kepada orang yang membohonginya itu.
            Untuk sejarah atau asal muasalnya sendiri sampai saat ini april mop belum bisa dipastikan, dikarenakan adanya kesimpang-siuran sumber yang menyebutkan asal-mula hari april mop ini. Salah satu sumber menyebutkan bahwa tradisi april mop atau april fools day telah dikenal di Perancis semenjak tahun 1582, pada masa pemerintahan Raja Charles IX. Kejadian ini bermula saat Paus Gregory XIII melakukan modifikasi terhadap penanggalan, yakni yang semula 1 tahun 10 bulan, menjadi 1 tahun 12 bulan dan masih terus bertahan sampai sekarang ini.
            Namun, tidak semua masyarakat Perancis saat itu langsung setuju dengan perubahan yang dilakukan oleh Paus Gregory tersebut. Sehingga sebagian dari mereka tetap merayakan tahun baru pada tanggal 25 Maret hingga puncaknya pada tanggal 1 April. Dan tindakan mereka itu banyak dicemooh oleh masyarakat lainnya yang setuju dengan perubahan tersebut sehingga mengerjai mereka dengan cara memberi undangan palsu dan alamat palsu serta dengan lelucon lelucon lainnya.
            Selain perubahan penanggalan tersebut ada juga sumber lain dari eramuslim yang menyebutkan kalau asal mula April mop itu dimulai karena dulunya diadakan untuk merayakan kemenangan atas dibunuhnya ribuan umat Islam Spanyol oleh tentara salib yang dilakukan lewat cara-cara penipuan. Oleh karena itulah. Mereka melegalkan kebohongan dan penipuan pada hari itu dengan dalih hanya untuk lelucon atau bercanda belaka saja.
            Sekarang, keputusan untuk merayakannya sendiri kembali kepada anda masing-masing, apakah anda percaya dan akan ikut merayakan April Mop? Ataukah anda hanya diam saja dan menganggapnya sebagai hari biasa seperti hari-hari lainnya?

Sumber Artikel :






 * Asal-Usul
 * Eramuslim

2 comments:

  1. jadi... ini hari kebohongan...

    Nice Posting, (looking for another idea)

    ReplyDelete
  2. Thanks commentnya gan :D Jadi malu nih, ane belum pernah komen di blognya agan :p
    Pasti dong, kan sekarang bertambah "dewasa" jadi postingannya harus selektif

    ReplyDelete